Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan,- Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak tumbuhan yang mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, tak heran jika banyak orang menyebut Indonesia sebagai Negara Kaya akan alamnya. Lebih dari jutaan ribu tumbuhan tumbuh di tanah indonesia, diantaranya Kulit Manggis dan Daun Sirsak. Namun di indonesia sendiri hanya sebagian orang yang mengetahui akan khasiat yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis dan daun sirsak. Ini karena minimnya pengetahuan bahkan ada pula yang menyepelakan akan khasiat yang terdapat dalam kandungan buah manggis. Namun setelah di teliti oleh pakar-pakar ilmu kesehatan ternyata  buah manggis memiliki kandungan dan khasiat yang sangat luar biasa untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit, khususnya dalam mengobati penyakit kanker. Namun pada postingan kali ini, saya akan mencoba membahas sedikit tentang khasiat yang terkandung dalam buah manggis untuk kesehatan.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan


Berikut Adalah Beberapa Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan :

  • Mencegah Penyakit Kanker. Buah Manggis dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya. buah manggis kaya akan antioksidan  yang berfungsi  untuk membantu melindungi tubuh dari efek buruk  yang diakibatkan oleh radikal bebas. berbagai macam senyawa seperti Xanthone, katekin, polisakarida, kuinon, stilbenes dan polifenol, senyawa tersebut merupakan  antioksidan yang sangat kuat yang melindungi DNA dari kerusakan dan mutasi. Dengan mengkonsumsi buah manggis dapat menghindarkan anda dari Kanker usus besar.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi. Buah Manggis merupakan makanan yang sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.  Dengan mengkonsumsi buah manggis akan mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL). Buah manggis juga  kaya akan antioksidan yang disebut  gamma mangostin  yang membantu dalam mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan Polifenol dalam buah manggis juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh dalam tubuh.
  • Rendah Kalori dan Kaya Serat. Buah manggis sangat rendah kalori ( 63 kalori per 100 g ) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, buah manggis kaya akan kandungan serat makanan ( 100 g menyediakan sekitar 13 % RDA ), itu lah yang membuat buah manggis sangat cocok digunakan sebagai buah untuk diet sehat.
  • Sumber Vitamin C. Buah Manggis menyediakan vitamin C sekitar 12 % RDA per 100 g. Vitamin C merupakan  antioksidan yang sangat  kuat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin  C dapat membantu tubuh untuk melindungi dari berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan lemahnya sisitem imun.
  • Menjaga kesehatan  Pencernaan. kandungan serat alami yang terdapat dalam buah manggis dapat membantu mengatasi masalah pencernaan sekaligus mengatur sistem pencernaan dalam tubuh. mengkonsumsi buah manggis juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, karena banyak masalah kesehatan atau penyakit yang timbul yang berkaitan dengan masalah pencernaan.

Kandungan nutrisi buah manggis per 100 gram :
  1. Energi 63 Kcal 3 %
  2. Karbohidrat 15,6 g 12 %
  3. Protein 0.50 g 1 %
  4. Total Lemak 0,4 g 2 %
  5. Kolesterol 0 mg 0 %
  6. Serat diet 5.10 g 13 %
  7. Folat 31 mg 8 %
  8. Niacin 0,286 mg 2 %
  9. Asam pantotenat 0,032 mg < 1 %
  10. Pyridoxine 0.041 mg 3 %
  11. Riboflavin 0,054 mg 4 %
  12. Thiamin 0,054 mg 4,5%
  13. Vitamin A 35 IU 1 %
  14. Vitamin C 7,2 mg 12 %
  15. Sodium 7 mg 0,5 %
  16. Kalium 48 mg 1 %
  17. bahan galian
  18. Kalsium 5,49 mg 0,5 %
  19. Tembaga 0,069 mg 7 %
  20. Besi 0,17 mg 2 %
  21. Magnesium 13,9 mg 3,5 %
  22. Mangan 0,10 mg 4 %
  23. Fosfor 9.21 mg 1 %
  24. Zinc 0.12 mg 1 %
  25. Phyto- nutrisi
  26. Karoten - α 1 mg -
  27. Karoten ß - 16 ug -
  28. Cryptoxanthin - ß 9 mg –
(Sumber : USDA National Nutrient data base )

Itulah beberapa khasiat menakjubkan dari buah manggis, selain mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan adalah membiasakn pola hidup sehat lainnya seperti berolahrga menghindari rokok dan juga minuman beralkohol. Semoga saja dengan adanya artikel tentang Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua ( Amiinn ).

Artikel Kesehatan Lainnya :

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan"

Post a Comment